Media Pembelajaran Matematika

Obyek matematika bersifat abstrak, sehingga belajar matematika memerlukan daya nalar yang tinggi. Demikian pula dalam mengajar matematika guru harus mampu mengabstraksikan obyek-obyek matematika dengan baik sehingga siswa dapat memahami obyek matematika yang diajarkan. Belajar matematika merupakan kegiatan mental yang tinggi. Sehingga dalam menyajikan materi bahan belajar harus mampu memberikan penjelasan dengan baik sehingga konsep-konsep matematika yang abstrak dapat dipahami siswa.

Salah satu hal yang dapat membantu dalam mengabstraksikan obyek-obyek matematika dan memudahkan pemahaman konsep adalah melalui media pembelajaran. Dengan media pembelajaran diharapkan dapat memberikan lebih banyak kesempatan untuk beraktivitas dalam belajar seperti mencoba, meneliti, memanipulai, mengkonstruksi konsep. Karena sesuai dengan prinsip pembelajaran bahwa pengetahuan bukan lagi seperangkat fakta, konsep, dan aturan yang siap diterima siswa, melainkan harus dikonstruksi (dibangun) sendiri oleh siswa dengan fasilitas guru. Jadi matematika bukan sekedar sekumpulan aturan yang harus disampaikan dengan informasi. Akan tetapi harus ada proses pengkonsrtuksian aturan tersebut agar memberi makna terhadap pengetahuan itu, sehingga pengetahuan dan keterampilan yang diperoleh dapat dipergunakan untuk bekal hidupnya.

Selain itu, media pembelajaran tersebut juga harus disajikan secara menarik baik dari segi penempilan, bentuk, warna, maupun cara menyajikannya. Hal ini diharapkan dapat meningkatkan motivasi siswa untuk lebih semangat mengikuti pembelajaran.

Pembelajaran pada hakekatnya adalah kegiatan guru dalam membelajarkan siswa, ini berarti bahwa proses pembelajaran adalah membuat atau menjadikan siswa dalam kondisi belajar. Sehingga melalui media pembelajaran seorang guru dapat membelajarkan siswa dengan mengembangkan potensi secara optimal dalam suasana yang kondusif dan nyaman-menyenangkan. Menyenangkan disini berarti guru mampu menciptakan suasana belajar yang menyenangkan sehingga siswa memusatkan perhatian secara penuh.

Memang membuat berbagai macam media dan alat peraga tidak mudah, memerlukan perjuangan dalam hal waktu, tenaga, biaya, dll. Akan tetapi, merupakan kewajiban bagi seorang guru untuk mebelajarkan siswanya, membuat mereka paham dengan materi yang diberikan.

Bila ada guru yang menyatakan bahwa ‘berabe lah pakai macem-macem media dan alat peraga segala, kalau matematika yang penting kan siswa dapai menyelesaikan soal dengan cepat’’, berarti dia tidak memahami hakikat dari pembelajaran matematika itu sendiri. Karena dalam pembelajaran matematika yang ditekankan adalah proses pembelajarannya.  Bagaimana siswa berpikir, melakukan observasi, investigasi, sampai pada menemukan sendiri konsep-konsep dalam matematika. Hal itulah yang diharapkan dari pembelajaran matematika.

Adapun bila siswa dapat menyelesaikan soal dengan cepat, itu merupakan hasil dari proses pembelajaran sebelumnya. Artinya, siswa tersebut telah melalui suatu proses pembelajaran sehingga dapat memahami konsep-konsep dalam matematika.

Keberhasilan dari proses tersebut salah satunya dapat diketahui dari hasil evaluasi melalui penyelesaian soal-soal. Akan tetapi hal itu tidak selalu menjamin bahwa jika dapat menyelesaikan soal-soal maka siswa sudah paham. Pada kenyataannya ada juga siswa yang hanya menyelesaikan soal, tapi kurang memahami konsepnya. Pada kasus ini, mungkin siswa dapat menyelesaikan soal-soal tersebut, tapi untuk soal dalam bentuk lain dia akan mengalami kesuitan karena kurang memahami konsepnya.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

  • 13,215 hits

http://twitter.com/a_gina

Error: Twitter did not respond. Please wait a few minutes and refresh this page.

%d bloggers like this: